Oleh Oleh Khas Madiun

Oleh Oleh Khas Madiun Asli

Oleh Oleh khas Madiun

Kota Madiun menyimpan rahasia kuliner tersendiri yang sangat istimewa. Anda bisa membeli oleh oleh khas Madiun yang bisa di jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Bagi anda yang masih belum tahu oleh oleh asli dari daerah Madiun apa saja, ini adalah beberapa makanan yang khas dari kota Madiun yang bisa untuk referensi anda.

Mungkin setelah anda menikmati ayam panggang Gandu yang terkenal di Madiun, anda juga membutuhkan buah tangan di saat ingin kembali ke kota asal anda. Berikut ini adalah makanan khas asli dari Madiun yang bisa anda beli sebagai oleh oleh dari Madiun di saat pulang dari mengunjungi kota Madiun.

Sambel Pecel Oleh Oleh khas Madiun

Sambel pecel merupakan makanan khas asli Madiun. Di Madiun, industri pembuatan sambel pecel sangat berkembang pesat sebagai industri rumahan. Yang membuat khas sambel pecel asli Madiun dengan sambel pecel daerah lain adalah aroma jeruk purutnya yang spesial. Dengan bahan dasar kacang tanah pilihan, ditambah bumbu-bumbu yang terdiri dari cabe rawit, cabe merah, gula pasir, gula merah, garam, asam dan jeruk purut yang diambil berikut kulit dan daunnya.

Pembuatan sambel pecel asli Madiun sangat sederhana sekali. Kacang tanah pilihan yang bagus kwalitetnya, disangrai dan dibuang kulit arinya. Tidak sulit mencari kacang tanah pilihan di Madiun, bahkan yang sudah matang dan siap giling tersedia banyak di pasar-pasar tradisional. Kacang tanah yang sudah matang ini diproses dengan oven lalu dikuliti secara sederhana. Setelah bumbu-bumbunya sudah siap, maka bumbu dan kacang tanah digiling dan dicampur dengan merata. Selanjutnya sambel pecel ditimbang dan dikemas, kemudian siap untuk dijual.

Brem Oleh Oleh khas Madiun

Oleh Oleh khas Madiun Brem

Brem adalah Makanan yang berasal dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan dan merupakan hasil dari fermentasi ketan hitam yang sudah diambil sarinya yang kemudian diendapkan dalam waktu semalaman. Rasa makanan ini muncul ketika Brem dimasukkan ke dalam mulut secara langsung mencair dan nikmat meninggalkan rasa mentos. Brem dikemas dalam bentuk lempengan berwarna kekuningan, berukuran kurang lebih 15 cm x 5 cm x 0,5 cm. Untuk mendongkrak pemasarannya, brem masa kini dikemas dalam ukuran kecil seperti permen, sehingga sangat mudah untuk dikantongi dan dimakan.

Krupuk Puli Oleh Oleh khas Madiun

Oleh Oleh khas Madiun Krupuk Puli

Krupuk puli adalah makanan asli kota madiun yang dikenal dengan sebutan nama lempeng, bagi warga Madiun tentunya sudah tidak asing lagi dengan Lempeng / krupuk puli ini, rasanya yang gurih, nikmat dan renyah membuat lidah ketagihan. Terbuat dari beras ketan ditambahkan sedikit garam dan bumbu sehingga rasanya nikmat sekali.

Madumongso Oleh Oleh khas Madiun

Oleh Oleh khas Madiun Madumongso

Madumongso merupakan camilan legit, cocok sekali sebagai teman minum teh di pagi maupun sore hari. Bentuknya yang seperti dodol tapi bentuknya lebih kasar. Dibuat dari beras ketan hitam kualitas super yang sudah disosoh terlebih dahulu, untuk menghilangkan kulit ari yang kasar sekali. Madumongso ini sangat digemari oleh para wisatawan domestik maupun luar negeri karena jenis makanan ini adalah makanan khas dari daerah Madiun dan banyak dijual di tempat oleh-oleh di Madiun.

Selama di Madiun, Kami siap mengantar kemana pun tujuan anda.