Pecel Madiun Kuliner Asli Madiun Yang Menggoda Selera

Nasi Pecel Madiun Kuliner Asli Madiun Yang Menggoda Selera

Pecel Madiun Kuliner Asli Madiun Yang Menggoda Selera

Pecel Madiun Kuliner Asli Madiun Yang Menggoda Selera. Berkunjung di kota Madiun belum lengkap rasanya bila tidak mencicipi kuliner khasnya Madiun, apalagi kalau bukan nasi pecel. Hampir di setiap jalan di daerah Madiun bisa anda temukan tempat yang menjual makanan rakyat yang sehat dan murah meriah ini. Namun di antara semua yang menjajakannya, ada satu tempat yang menjadi pusat kuliner pecel Madiun yakni di Jl HOS Cokroaminoto Madiun.

Di sepanjang jalan HOS Cokroaminoto ada banyak sekali warung pecel yang bisa anda pilih. Diantaranya yang terkenal adalah Depot Nasi Pecel 99, Depot Wirkabul, Warung pojok, Warung Sri Tanjung dan lain-lain. Terkenalnya tempat warung pecel Madiun ini terutama setelah menjadi salah satu favorit Presiden SBY bersama rombongan menikmati nasi pecel jika sedang berada di kota Madiun. Bapak SBY sangat terkesan dengan nikmatnya citarasa Nasi Pecel Madiun yang dijajakan. Para Pejabat negara dan beberapa artis ibukota juga tak ketinggalan menjadikannya tempat kuliner di Madiun.

Salah satunya Depot Nasi Pecel 99 kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1987, tak heran bila pelanggannya berjumlah sangat banyak. Dari segi citarasa mungkin tidak jauh berbeda dari tempat warung pecel lainnya yang berada di sepanjang Jl. HOS Cokroaminoto, akan tetapi tiap orang mempunyai selera yang berbeda. Nasi Pecelnya terdiri dari beraneka ragam sayuran seperti kecambah, daun pepaya, kacang panjang, daun kemangi, petai cina dsb. Sambal pecel yang sangat khas berbahan dasar kacang tanah dibubuhkan ke atas racikan nasi dan sayur-sayuran.

Citarasa bumbu sambal kacang yang pedas dan gurih menjadi kunci kenikmatan yang khas dari Depot Pecel Madiun 99. Para Pembelipun bisa memilih berbagai macam rasa pedas ataupun sedang. Rasa sambal pecel di Madiun memang berbeda dari Sambal Pecel Jawa Tengah atau Yogyakarta yang mayoritas lebih manis. Taburan serundeng makin membuat rasanya menjadi gurih, sekaligus juga memberi aroma sedap yang sangat spesial. Bungkus daun pisang menghadirkan suasana tempo dulu yang begitu ngangeni ketika kita menikmatinya.

Citarasa Pecel Madiun bisa dinikmati dengan beberapa macam lauk pauk seperti paru, babat, empal daging, telur mata sapi, ayam goreng, mendoan, rempeyek kacang dan kerupuk puli / kerupuk lempeng, menjadi pelengkap wajib ketika kita menikmati Pecel Madiun. Makanan rakyat khas Madiun ini juga bisa dinikmati kapan saja, untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Bahkan saat ini anda juga bisa membeli sambel pecel di pusat oleh oleh khas Madiun yang banyak anda temui di toko pinggir jalan.

Di saat anda datang di Madiun, mungkin anda ingin mencicipi nasi pecel Madiun kuliner asli Madiun yang menggoda selera ini. Anda bisa minta di antar sopir yang menemani anda selama di Madiun.